Kunjungan Industri ke PT Corinthian Industries Indonesia

Staf Dosen Teknik Sistem dan Industri melakukan kunjungan industri ke PT Corinthian Industries Indonesia pada hari Kamis, 3 November 2016 dalam rangka langkah lanjutan dalam menjalankan program Kemitraan yang berkelanjutan dari hasil FGD sebelumnya.

PT Corinthian Industries Indonesia (PT CII) adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur yang memproduksi berbagai jenis pintu. PT CII merupakan industri yang memproduksi pintu dan komponen pintu dengan  bahan  dasar  kayu.  Industri ini berdiri pada tahun 1991 berlokasi di Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Mayoritas bahan baku tersebut didatangkan dari luar negeri (impor), seperti Malaysia dan Inggris. Namun ada juga yang didatangkan dari dalam negeri. PT CII merupakan perusahaan dengan status Penanaman Modal Asing (PMA). Pada awal didirikannya industri ini kepemilikannya dipegang oleh perusahaan pintu Corinthian dari Australia, kemudian pada tahun 2006 diakuisisi oleh perusahaan asal Amerika yakni JELD – WEN. Hingga saat ini, PT CII merupakan perusahaan yang tergolong sangat besar pada sektor industri pengolahan kayu. Produk pintu yang dihasilkan oleh PT CII diekspor seluruhnya ke beberapa negara. Negara tujuan ekspor produk pintu PT CII diantaranya Australia, Belanda, dan Amerika Serikat.

Direktur dan manajer QM PT Corinthian Industries memberikan gambaran umum tentang perusahaan dan konsep yang dikembangkan di perusahaan untuk meningkatkan daya saingnya.  Konsep yang dipaparkan utamanya terkait dengan aplikasi lean management dan penerapannya di perusahaan. Dari kunjungan ke pabrik dan diskusi diperoleh gambaran peluang kerjasama utamanya melanjutkan kerjasama PL dengan capstone, training (out/in-house) untuk memberikan bekal keilmuan kepada para pegawainya. Dengan keterbukaan dan kerjasama yang telah berjalan, maka pembuatan kasus-kasus dapat dilakukan untuk memperkaya pengetahuan mahasiswa terkait dengan aplikasi-aplikasi konsep-konsep penting dalam  lingkup TSI seperti: Lean management, TQM, dan manajemen inovasi. PT Corinthian juga memberikan kesediaannya untuk menjadi mitra dalam program Insinyur Profesi di Departemen Teknologi Industri Pertanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.